Kepungan Kapitalisme, Krisis Pandemi dan Momentum HIMAS 2020

Selama ini kapitalisme agraria telah menggurita dan telah berjaya di atas penyingkiran wilayah-wilayah adat, desa-desa, tanah pertanian dan wilayah tangkap nelayan. Perampasan tanah, diskriminasi hak dan kriminalisasi akibat investasi kapitalistik terhadap masyarakat adat terus berlangsung.

Kini kapitalisme mengalami kelesuan, dipaksa melakukan lockdown antar negara akibat wabah virus. Globalisasi perdagangan macet, sedang mencari jalan, salah satunya lewat Omnibus Law, agar investasi kapitalistik berjaya kembali.

Tetapi krisis berlapis yang diakibatkan pandemik Covid-19 juga telah membuktikan bahwa masyarakat adat dan petani sanggup dan berhasil memenuhi pangan secara mandiri dan berdaulat. Tak bergeming meski krisis global sedang terjadi. Bahkan spirit gotong-royong dan budaya solidaritas kuat bersemayam untuk memutus rantai penyebaran virus agar tak sampai ke kampung-kampung ada. Hingga ikut turun tangan mengatasi krisis pangan antar komunitas dan bagi masyarakat rentan di perkotaan.

Gerakan masyarakat adat telah berjuang dengan sebenar-benarnya agar bahagia dengan jalan hidupnya dan berdaulat atas wilayah adatnya.

Penyelesaian konflik agraria struktural dalam kerangka reforma agraria sebagai jalan pengakuan penuh hak-hak masyarakat adat atas wilayah adatnya masih menghadapi tantangan dari kelompok anti-reform. Mari terus suarakan hak-hak masyarakat adat, runtuhkan kapitalisme agraria, hingga Negara mendengar dan konstitusionalitas masyarakat adat ditegakkan melalui UU Masyarakat Adat.

Selamat memperingati HIMAS kepada seluruh Anggota KPA organisasi rakyat komunitas adat, kepada Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dan jaringan masyarakat adat di seluruh Tanah-Air.

Sambil menyimak Peringatan HIMAS yang diselenggarakan AMAN. Mari terus kibarkan semangat dan inspirasi sejati kawan-kawan.
 

Salam pembaruan agraria,

Dewi Kartika
Sekretaris Jenderal
Konsorsium Pembaruan Agraria

#HIMAS2020
#SahkahRUUMasyarakatAdat
#STOPRUUCiptaKerja
#STOPPerampasanTanah
#STOPKriminalisasiMA
#ReformaAgrariaMelawanKapitalismeAgraria

 

Siaran Pers Lainnya..

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934