Ibu Sumria, Dikriminalisasi Karna Mempertahankan Tanahnya dari Penggurusan PT. KLS

Ibu Sumria dituntut dua bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) karna mempertahankan tanahnya dari perampasan PT. KLS. 

Dalam proses persidangan, Ibu Sumria didakwah melanggar Pasal 406 ayat (1) KUHP, atau “Dengan sengaja melawan hukum, menghancurkan, merusak, dan membikin tak dapat dipakai atau menghilangkan barang sesuatu yang seluruhnya atau menghilangkan barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain”. JPU juga memerintahkan agar terdakwa segera ditangkap.

Peristiwa di atas sekali menegaskan persoalan hukum di Indonesia yang semakin tajam ke bawah, namun tumpul ke atas. Pasalnya, situasi ini berawal dari tindakan PT. KLS yang merampas tanah Ibu Sumriah. Pihak perusahaan, dengan sengaja mendirikan base camp di atas tanah milik korban.

Merespon tindakan tersebut, Ibu Sumria mendatangi base camp perusahaan dan membongkar bangunan liar tersebut. Perbuatan ini merupakan akumulasi dari kemarahan korban terhadap tindakan sepihak perusahaan. Selain mendirikan base camp, pihak perusahaan juga mengintimidasi Ibu Sumria dan keluarga, membakar gubuk miliknya, merusak kebun korban hinggan mengusir Ibu Sumria dari tanahnya tersebut dengan alasab tanah tersebut merupakan wilayah HGU perusahaan.

Sayanganya, Fakta persidangan tidak melihat alasan dibalik keterangan para saksi yang melihat perbuatan perusakan tersebut.

Apa yang dilakukan oleh PT. KLS merupakan bentuk perampasan tanah secara paksa yang justru dibiarkan dan legitimimasi olehg aparat Negara. Perjuangan Ibu Sumria mempertahankan tanahnya justru berujung penjara. Sementara, perusahaan yang merampas tanah dan meneror korban seakan tidak tersentuh oleh hukum

Perjuangan ibu Samria harusnya mendapat  dukungan dari semua pihak, terlebih lagi negara yang wajib hadir untuk membela rakyat dari para perampas tanah.

Palu, 01 Oktober 2020

Noval A. Saputra
Kordinator Wilayah KPA Sulawesi Tengah

Siaran Pers Lainnya..

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934