Panggilan Tanah Air

Noer Fauzi Rachman

Buku ini hendak mengangkat tema "Tanah Air" sebagai kampung halaman rakyat. Bukan "tanah air" sebagai imajinasi ideal yang simbolik, umum dan abstrak, yang dijadikan rujukan dalam romantisme atas alam yang indah melalui tamasya. Tanah air yang dimaksud disini adalah tempat nyata dimana rakyat Indonesia benar-benar hidup dan mempertahankanya.
 
Dengan buku ini kita diajak untuk membuka mata melihat situasi sebagian dari tanah air, kampung halaman tempat hidup rakyat di desa-desa, di seantero Nusantara (Nusa-antara, gugusan pulau-pulau). Saya merasa tugas utama buku ini adalah, Pertama : menunjukkan perlunya kita memperhatikan bagaimana reorganisasi ruang untuk meluaskan/sistem produksi kapitalis yang menghasilkan komoditas-komoditas global. Kedua : apabila pembaca buku ini dapat mengidamkan dan membayangkan suatu cara pengambdian untuk memperbaiki situasi tanah air.
 
Panggilan Tanah Air karya Noer Fauzi Rachman adalah sebuah manifesto untuk mengabdi pada Tanah AIr dan Ibu Pertiwi, sebuah manifesto yang berangkat dari keprihatinan dan tanggung jawab besar dari seorang anak bangsa atas porak-porandanya tanah air Indonesia akibat sistem ekonomi yang kapitalistik.


Publikasi Lainnya..

Buku

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934