Catahu 2018: Masa Depan Reforma Agraria Melampaui Tahun Politik

Departemen Kampanye dan Manajemen Pengetahuan KPA

Konsorsium Pembaruan Agraria kembali merilis Catatan Akhir Tahun 2018. Catatan mengenai dinamika dan situasi agraria nasional tahun 2018, hingga sepanjang pemerintahan (2014-2018), baik dari sisi perkembangan kebijakan dan realisasi reforma agraria, “trend” konflik agraria, kriminalisasi, serta reskomendasi agenda-agenda strategis agraria ke depan.

Di samping itu, KPA juga melakukan konsolidasi data konflik agraria yang telah terjadi hingga puluhan tahun (laten) di berbagai sektor pembangunan melalui pendekatan Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA).  Perkembangan LPRA di berbagai kementerian hingga 2018 menjadi indikator bagaimana kebijakan reforma agraria dengan implementasinya di lapangan dapat diukur dalam konteks memperbaiki strukrur penguasaan tanah dan menuntaskan konflik agraria.

Dengan melihat situasi agraria terkini, apakah PR besar mewujudkan reforma agraria sejati akan memicu langkah percepatan dan terobosan di sisa waktu yang tidak lama lagi? Bagaimana perkembangan pengakuan wilayah adat dan perlindungan hak-hak petani atas tanah sebagai bagian dari HAM? Memasuki penghujung tahun, patutlah kita kembali bercermin pada janji lama reforma agraria, pada dasar-dasar kegentingan perumusannya, juga tujuan pokok mengapa rakyat sangat menginginkan reforma agraria sebagai agenda politik bangsa. Selanjutnya, bagaimana masa depan reforma agraria melampaui kepentingan politik 2019?  

Selamat membaca.


Publikasi Lainnya..

Laporan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934