Pandangan dan Usulan KPA Terhadap RUU Pertanahan

Tim Konsorsium Pembaruan Agraria

Arti penting dan strategis RUU Pertanahan, utamanya untuk mewujudkan keadilan agraria dan kemakmuran rakyat (ke dalam), sekaligus menerjemahkan kedaulatan bangsa Indonesia atas wilayahnya (keluar). RUU Pertanahan juga penting bagi upaya menerjemahkan amanat dan prinsip dasar dari UU Nomor 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria (UUPA): kemanusiaan, kebangsaan (nasionalisme), kerakyatan (sosialisme), kesejahteraan dan keadilan. Selain itu, RUU Pertanahan merupakan undang-undang implementasi atau operasionalisasi dari UUPA –lex generalis (UUPA) dan lex specialis (RUU Pertanahan).

Dalam merespon rencana penyusunan RUU Pertanahan, kita dapat  berangkat dari pertanyaan-pertanyaan pokok. Setidaknya ada tujuh pertanyaan pokok terhadap RUU Pertanahan. Pertama, bagaimana posisi atau kedudukan RUU Pertanahan terhadap UUPA 1960? Kedua, bagaimana RUU Pertanahan menjadi jalan keluar bagi persoalan-persoalan agraria (pertanahan) yang ada? Ketiga, bagaimana RUU-Pertanahan menghentikan sektoralisme, kapitalisme dan liberalisme agraria? Keempat, bagaimana RUU ini memberikan jaminan pengakuan, perlindungan dan penghormatan hak masyarakat atas tanah, khususnya kelompok rentan atau masyarakat miskin di desa dan kota, seperti petani kecil/gurem, buruh tani, masyarakat adat, masyarakat pesisir dan masyarakat miskin kota, termasuk pemenuhan akses dan hak perempuan? Kelima, bagaimana RUU ini kaitannya dengan kelembagaan agraria (pertanahan)? Keenam, bagaimana RUU ini kaitannya dengan penyelesaian konflik agraria struktural dan sengketa pertanahan? Ketujuh, bagaimana RUU ini mengatur hak-hak atas tanah dan relasinya dengan pemegang hak, termasuk konsekuensi pemegang hak?

Agar lebih jelas, berikut kami lampirkan pandangan dan usulan Konsorsium Pembaruan Agrarua terhada RUU Pertanahan yang saat ini sedang digodok oleh pemeritan bersama DPR RI.


Publikasi Lainnya..

Kertas Posisi

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934