Catahu 2020 KPA Edisi I: Laporan Konflik Agraria di Masa Pandemi dan Krisis Ekonomi

Sekretariat Nasional Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA)

Sepanjang tahun 2020, tepat di masa pandemi yang menghantam dunia termasuk Indonesia, konflik agraria dan kekerasan tetap mewarnai situasi di banyak tempat. Mesin legislasi di DPR RI juga bekerja secara maraton menggolkan produk UU Cipta Kerja, yang menempatkan tanah sebagai barang komoditas bagi para pemilik modal. Masyarakat dipaksa keadaan, tumpah-ruah ke jalan saat pandemi menuntut proses legislasi dihentikan, namun pengabaian terhadap Konstitusi dan UUPA 1960 tetap berjalan. Melalui Bank Tanah yang dikandung Omnibus Law, penyimpangan Reforma Agraria kembali terjadi.

Itulah sekelumit potret peristiwa di tahun 2020. Merekam situasi agraria di Tanah-Air, Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) kembali merilis Catatan Akhir Tahun 2020 KPA. Catatan akhir tahun kali ini terdiri dari tiga bagian utama, mencakup: 1) Laporan konflik agraria 2020 di tengah pandemi; 2) Status Reforma Agraria di Indonesia; dan 3) Orientasi kebijakan agraria dan UU Cipta Kerja.

Laporan ini, adalah edisi I Peluncuran Catatan Akhit Tahun 2020 Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA). Pada edisi ini, kami secara secara khusus hanya mengemukakan situasi konflik agraria di tengah pandemi dan krisis ekonomi yang tengah berlangsung. Jadi laporan ini belum lah edisi yang lengkap, karna belum memuat laporan mengenai perkembangan implementasi Reforma Agraria dan dinamika kebijakan agraria selama 2020. 


Publikasi Lainnya..

Laporan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934