KPA Sulteng dan Pemuda Sepakat Berjuang Bersama Bangun Desa Lee

admin

Morowali Utara (kpa.or.id) – Selain menghadiri perayaan panen raya (padungku) di Desa Lee, Korwil Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Sulteng, Noval A Saputra juga melakukan diskusi bersama para pemuda di tempat tersebut (4/7/21).

Diskusi dengan tema Reforma Agraria tidak lain, yaitu untuk memberikan pemahaman kepada para pemuda tentang bagaimana konflik agraria menjadi salah satu gesekan yang mengganggu kehidupan, khususnya di sektor pertanian.

Noval menyebutkan setidaknya ada dua pemicu konflik agraria, pertama, adanya putusan pejabat publik berupa lisensi-lisensi (izin) yang dikeluarkan secara sepihak tanpa adanya sosialisasi dan konfirmasi terhadap masyarakat, sehingga mengakibatkan konflik agraria struktural. Kedua, belum adanya komitmen negara untuk serius menyelesaikan konflik agraria tersebut.

“Adapun tujuan Reforma Agraria antara lain, menangani dan menyelesaikan konflik agraria. Meningkatkan ketahanan serta kedaulatan pangan dan menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi kemiskinan,” jelas Noval.

Sementara itu salah satu pemuda/pemudi Desa Lee, Elvana Oktaviani Balebu, mengatakan, dengan adanya diskusi reforma agraria tersebut, kami bisa mengerti tentang bagaimana mempertahankan atau memperjuangkan hak atas tanah, yang sampai saat ini sebagai penyangga kehidupan warga Desa Lee.

“Ironisnya tanah kami dirampas oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit PT.SPN,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya KPA Sulteng yang berjuang bersama dalam gerakan reforma agraria, telah menguatkan warga bahkan mendukung gerakan perjuangan sampai detik ini.

“Kami khususnya pemuda Desa Lee bersama KPA telah berkomitmen dalam rangka membangun Desa ini,” tutupnya.

Artikel ini pertama kali terbit di halaman https://sulteng.sulawesion.com/ pada tanggal 5 Juli 2021 dengan judul "Diskusi Reforma Agraria, KPA Sulteng dan Pemuda, Sepakat Berjuang Bersama Bangun Desa Lee"

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934