Diskusi Publik Peraturan Bersama Empat Menteri

KPA/Jakarta: Menyikapi banyaknya persoalan konflik agraria yang semakin carut–marut Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) mengadakan diskusi yang bertema “Menelaah Peluang dan Tantangan Peraturan Bersama 4 (Empat) Menteri Bagi Penyelesaian Konflik Agraria di Kawasan Hutan”. Dalam acara tersebut hadir tiga narasumber, pertama dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Bapak Teddy Ruftiadi (Direktur Penataan Guna Tanah), Ibu Myrna Savitri (Direktur Efistema) dan Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria, Iwan Nurdin. Diskusi dibuka oleh Ibu Wijayanti Santoso dari LIPI dan Ibu Dewi Kartika Wakil Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria.
 
Dalam pemaparannya, Pak Teddy, menyoroti tentang bagaimana PERBER 4 Menteri ini lahir. Berawal dari peraturan NKB 12 KL tentang kesepakatan penyelesaian pengelolaan Sumber Daya Alam. Beliau menambahkan, dalam sosialisasi pemerintah butuh dukungan dari masyarakat dan organisasi sipil mengingat PERBER ini masih sangat baru karena disahkan pada tanggal 17 oktober 2014.
 
Myrna dalam materinya menyampaikan persoalan dari sisi hukum nasional yang sebenarnya bertabrakan dengan beberapa Peraturan Pemerintah lainnya seperti Peraturan Pemerintah tentang pengukuhan kawasan hutan dan non hutan. “Namun PERBER ini patut diapresiasi karena menjadi salah satu solusi mencari penyelesaian konflik agraria dikawasan hutan secara bertahap dan berkesinambungan, lanjutnya.
 
Untuk mengimplementasikan PERBER ini membutuhkan organisasi tani yang kuat, komitmen dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan dan Pemerintah Daerah. Acara ini berlangsung pada 13 April 2015 di Gedung LIPI (AS)

Berita Lainnya

Kegiatan

Sekretariat Nasional KPA:

Jl. Pancoran Indah I Blok E3 No.1
Komplek Liga Mas Indah, Pancoran
Jakarta Selatan 12760, Indonesia
Telp: +62 21 7984540 Fax: +62 21 7993934